Ini yang Bikin Orang Jadi Ketagihan Merokok


Perokok aktif kini tak hanya orang dewasa, tapi anak-anak sekolah pun sudah ada yang merasa kurang nyaman ketika tidak menyulut batang rokok dalam satu hari.
Padahal pola ketergantungan rokok ini awalnya bermula dari sekadar coba-coba. Tapi itulah rokok, kandungannya memang benar-benar bikin orang yang mengisapnya menjadi ketagihan.
Lantas, apa sih yang bikin orang jadi ketergantungan dengan rokok? Menurut dr Feni Fitriani Taufik, SpP dari RS Persahabatan, nikotin yang terkandung dalam rokoklah yang menyebabkan orang jadi ketergantungan.

Saat diisap, lanjut dia, nikotin akan melesat ke otak dalam waktu beberapa detik saja. Bahkan efeknya dianggap lebih cepat dari obat yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah.
Ia menambahkan ketika seseorang dalam kondisi tidak merokok, maka hormon dopamin kadarnya berkurang dalam tubuh hingga seseorang merasakan kembali situasi tidak nyaman, stres, dan sulit berkonsentrasi. Kondisi inilah yang membuat mereka kembali menyulut beberapa batang rokok untuk mengembalikan rasa nyaman dan rileks yang sempat hilang.

"Jika sudah seperti ini ya perokok sudah mengalami tahap candu. Padahal semakin dia merokok maka semakin tinggi paparan nikotin dan semakin tinggi pula tingkat candunya," tambah Feni.
Ia juga menyebut bahwa seseorang disebut kecanduan rokok jika jumlah konsumsi rokok mencapai tiga bungkus per hari dan hal pertama yang dicari saat bangun tidur adalah rokok.
begitulah dampak rokok yang membunuh anda

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »