jangan abaikan nyeri saat haid


Nyeri saat haid tak hanya dialami satu atau dua perempuan saja. Sebagian besar perempuan pernah merasakan nyeri saat periode haid mulai datang.

Namun jangan anggap sepele kondisi ini. Menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi Siloam Hospital Kebon Jeruk, dr. Adrian Setiawan, nyeri teramat sangat saat haid bisa menjadi tanda adanya kista cokelat atau sering disebut endometriosis.


"Nyeri haid yang tidak bisa ditahan merupakan salah satu gejala endometriosis. Gejala lainnya berupa sakit saat berhubungan seksual, susah buang air besar dan sering nyeri punggung," ujarnya pada temu media di Siloam Hospital Kebon Jeruk, belum lama ini.

Ia menambahkan, kelainan ini muncul ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Tidak seperti kanker rahim, endometriosis umummya tidak menyebabkan kematian.


Walaupun tergolong tidak mematikan, penyakit ini tetap perlu diwaspadai. Pasalnya bisa berpengaruh pada kesuburan seseorang.

"Endometriosis rentan terjadi pada perempuan usia produktif. Oleh karena itu kondisi ini dapat mengganggu produktivitas kaum hawa," imbuhnya.

Untuk itu, Adrian menyarankan agar setiap perempuan selalu menjaga pola makan sehat dan rajin melakukan aktivitas fisik. Salah satunya dengan menghindari makanan cepat saji yang banyak mengandung bahan pengawet serta rutin memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

"Risiko endonteriosis semakin menurun mendekati masa menopause," pungkasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »